KesehatanQ n A

Apa diet terbaik untuk menurunkan berat badan?

Aku dari kecil adalah anak yang berat badannya diatas rata2 anak seumuranku, saat SD, setiap pergantian kelas pasti aku harus membeli baju baru karena ukuran badanku juga ikutan naik kelas. Begitupun SMP, SMA, dan saat kuliah. Puncak terberat aku adalah 5 bulan yang lalu dimana aku mutusin dan bener2 bertekad bulat untuk diet.

Saat itu jarum timbangan menunjukkan angka 76.8kg dengan tinggi badan aku 155cm, yang artinyaaaa jika dihitung2 menggunakan kalkulator bmi yg di google2 itu, aku sudah berada di garis merah atau obesitas!

Akhirnya karena sejak dulu hanya berandai-andai memiliki badan ideal, hal pertama yang aku cari adalah motivasi2 diet di Pinterest hahaa There are two quotes yang cukup memotivasi aku, yaitu;

“3 Months from now, you’ll thank yourself”

“When you feel like quitting, think about why you started”

Kenapa 3 bulan?karena kegagalanku diet selama ini adalah hanya berpikir mencapai hasil dengan jangka waktu pendek, seperti “ah aku mau turun 5kg dalam seminggu”, “ah aku harus kurus saat wisuda bulan depan” yang mana motivasi2 tersebut akan hilang seiring waktu tersebut berlalu dan akhirnya kita menyerah dan berpikir “sepertinya aku memang ngga bisa kurus”.

Jadi set long-term goals itu penting!minimal 3bulan lah, setelah itu pasti hidup dengan pola makan yang baru akan mengikuti, dan mungkin akan menjadi lifestyle kamu.

Dietku sendiri mulai kelihatan hasilnya setelah 4 bulan. Aku sebisa mungkin menghindari Nasi Putih, Gorengan, dan Makanan/minuman manis. Usahaku lumayan membuahkan hasil, dalam kurun waktu tersebut aku berhasil menurunkan berat badanku sebanyak kurang lebih 18kg.

Untuk contoh pola makan yang aku terapkan kira-kira seperti ini:

Pagi:

  • Roti gandum 1 slice+telur dadar(sedikit minyak)+kopi
  • atau Oatmeal dengan telur orak arik

Snack :

  • buah

Siang:

  • Grill dada ayam+oseng2 sayur+kentang rebus/nasi merah / mie shirataki

Snack:

  • buah

Malam:

  • Roti gandum

Itu pengalaman aku!untuk yg mau diet, semangat yaa!ngga ada usaha yang sia-sia asal kita percaya pada diri sendiri!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button