Q n AKesehatan

Bagaimana cara menurunkan berat badan yang efektif

Kamu ga perlu pil diet, suplemen diet, plum diet, atau scam diet lainnya. Turun berat badan hanyalah hitungan matematika: kalori masuk < kalori keluar. Dan mengeluarkan kalori itu sulit. Olahraga tujuannya tentu saja bukan menurunkan berat badan. Olahraga untuk menyehatkan badan atau membentuk otot. Makanya untuk menurunkan berat badan itu haruslah menurunkan kalori masuk. Ilmu sederhana, mudah, murah, akurat namun orang ga mau praktikkan.

  • Makan jauh lebih sedikit (kalorinya), tetaplah makan, kenyang, namun pilih makanan yang rendah kalori.
  • Pantang menyemill atau minum gula, pantang minum soda (karena gulanya banyak) turunkan makan berkarbohidrat seperti nasi, roti, kentang, chips, mie, pasta, ubi, jagung. Karbohidrat banyak kalori. Gula banyak kalori. MSG aja, malah kalorinya rendah.
  • Makan banyak sayuran. Jika suka. Sayuran rendah kalori.
  • Atau kalau saya pribadi, makan banyak lauk, jadi tetap kenyang, namun rendah kalori

Turun 20Kg dalam sebulan? Jawabannya sangat sulit!

Jika anda menimbun lemak sehingga akibatnya kenaikan berat badan, itu adalah proses penumpukan lemak bertahun-tahun! Dan sekarang ingin menurunkannya dalam sebulan adalah hal yang (kalau tidak dibilang mustahil) sangat sulit.

Pengalaman saya maksimal sekali menurunkan BB hanya mampu 8Kg dalam sebulan. Dari 90,4 kg ke 82Kg. Itu pun dengan metode sbb:

  1. Defisit kalori
  2. Hanya makan yang direbus, kukus dan panggang
  3. Tidak menggunakan garam dan gula pada makanan, karena sifat garam mengikat air di bawah jaringan kulit dan gula menimbun lemak jika tidak dipakai dengan maksimal dalam keseharian. Apalagi mayoritas kita kerjanya duduk bukan bergerak dan mengangkat beban saat kerja.
  4. Olahraga beban di gym 6 hari selama seminggu dengan konsisten, tanpa bolos sehari pun. Olahraga beban adalah kunci utama bagi semua orang yang ingin penurunan BB dan pembakaran lemak yang maksimal dan optimal. Olahraga beban juga kunci utama bagi orang yang ingin menaikan BB dan memiliki postur tubuh yang proporsional, ideal dan estetik.
  5. Mengatur jam makan. Pagi jam 7 hanya minum kopi tanpa gula. Jam 12.00 siang makan dengan nutrisi lengkap. Jam 3–4 saat ngemil hanya buah tidak yang lain. Malam makan di jam 7 atau 8 malam dengan nutrisi lengkap, dan malam sekitar jam 9 ditutup dengan susu. Setelahnya tidak masuk makanan dan minuman yang berkalori, hanya air putih sampai dengan jam sarapan hari berikutnya. Kenapa diperbolehkan minum air putih setelah jam tutup makan? Karena air putih baik yg biasa atau di kulkas jumlah kalorinya NOL, sepanjang tidak dicampur gula, garam, sirup dsb. Dan esok paginya jadwal makan mengikuti jam-jam yang telah ditentukan tersebut.
  6. Minum air putih minimal 2 liter sehari.
  7. Tidur malam 8 jam setiap hari.

ITu saja hasil maksimal dalam sebulan hanya bisa turun 8Kg.

Yang banyak orang kurang paham adalah ketika proses turun BB, yang pertama kali terkikis adalah kadar airnya dahulu bukan lemaknya. Lemak akan terkikis berikutnya.

Pada proses saya, kadar air yang turun karena saya menerapkan makan bersih dan 7 hal di atas. Sementara kadar lemak tetap ada. Lemak baru akan optimal dan maksimal terbakar jika pola 1–7 itu disiplin dan konsisten dilakukan, maka dalam 3 bulan hasil penurunan bisa sangat optimal.

Sebenarnya juga, melakukan penurunan BB secara drastis apalagi ingin turun 20Kg dalam sebulan, hanya akan menyebabkan kulit gelambir atau loosing skin. Karena kulit tidak bisa menyamai kecepatannya dengan kecepatan BB yang turun drastis.

Oleh karenanya sangat disarankan penurunan BB 2Kg per bulan itulah yang proper atau layak. Karena kulit akan bisa menyamai elastisitasnya dengan penurunan BB yang stabil sehingga tidak terjadi loosing skin atau gelambir.

Maka kembali ke pertanyaan anda maka jawabannya adalah Sangat Sulit dan Mustahil!

Anda saja menimbun lemaknya bertahun-tahun, kok minta turunya sekali semalam alias cuma sebulan? Itu semua butuh proses. Kalau ada orang yang bisa turun BB sedrastis itu, sudah banyak orang gemuk atau obesitas yang sukses langsing dimana-mana. Tapi kenyataannya tidak ada kan? Itu karena memang butuh proses yang disiplin dan konsisten.

Semua hal tidak ada yang instan harus berusaha, berdedikasi, disiplin dan konsisten, bukan angin-anginan dan instan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button